Langsung ke konten utama

Education from Eksperience

Perasaan Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT).

Apakah anda seorang : 1. IRT (Ibu Rumah Tangga) punya anak., 2. seorang istri., atau  3. Memiliki seorang ibu dengan salah satu dari nomor 1 atau 2 status diatas ?!!                Sebagai manusia yang namanya perempuan, sudah sepantasnya mengikut suami kemanapun dia pergi. Namun disisi lain apakah perempuan tidak punya impian dan butuh dukungan untuk impiannya ?... Atau apakah waktu suami lebih berharga jadi si istri harus lebih membuang banyak waktunya demi mengurus yang namanya tanggung jawab sebagai perempuan ?...      Rasanya tidak adil. Sebab ketika keduanya berbagi tanggung jawab dan memahami bahwa waktu masing2 juga berharga dengan impian masing2, maka percaya bahwa disitu terletak kebahagiaan yang sesungguhnya.       Kadangkala kita merasa paling ditindas, dikurung, bahkan diatur, seperti menunggu surat resmi untuk melakukan apa yang kita sukai atau mungkin tidak semua ibu/istri merasakan hal yang sama ataupun sebaliknya suami/bapak yang merasakan hal itu.      Ceritakan kisah

Pola Pengasuhan Dengan Cinta (PDC)

Cerita Fasilitator tentang Pola Pengasuhan Dengan Cinta


    Awal menulis tentang ini, saya merasa tidak pantas menulis tentang topik ini karena alasannya adalah saya seorang fasilitator PDC yang banyak sekali tidak menjalankan tugas dalam kegiatan-kegiatan PDC yang dilaksanakan. Namun saya berpikir bahwa tidak ada salahnya jika saya berbagi lewat tulisan saya disini.
Dari rasa percaya diri dan yang paling utama adalah diberkati Tuhan lewat pengalaman-pengalaman dan pengetahuan yang begitu sangat berharga bagi kelanjutan hidup sebagai pribadi, keluarga, masyarakat dan sebagai umat Tuhan, saya dengan penuh sukacita ingin berbagi berkat ini untuk teman-teman sekalian.
    Awal mengenal PDC adalah tahun 2018, kala itu saya adalah pemula dalam hal menjadi seorang guru sekolah minggu, banyak hal yang belum saya pahami mengenai kehidupan anak. Baik dalam hal mengasuh anak sesuai usia mereka. Artinya disini anak dibagi berdasarkan tingkat usia masing-masing.
Sebelumnya saya akan menjelaskan bahwa anak adalah manusia yang berusia nol bulan atau masih dalam kandungan hingga anak tersebut berusia kurang 1 hari untuk menuju usia 18 tahun.
    Oleh karena kasih Tuhan saya dipilih untuk mengikuti kegiatan PDC, dan disini saya sebagai peserta dengan semangatnya hadir pada pertemuan tersebut yang dilaksanakan 2 hari berturut-turut oleh pihak pengurus Sekolah Minggu yang kami sebut POKJA PAR (Kelompok Kerja Persekutuan Anak dan Remaja) Klasis Biak Selatan bersama dengan pihak lembaga Wahana Visi Indonesia.
Seperti yang sudah saya jelaskan tentang siapa itu lembaga Wahan Visi Indonesia pada artikel saya sebelumnya. 
Untuk lebih jelasnya kalian boleh klik pada link ini :
👉 https://mynote1088.blogspot.com/2022/08/cerita-mantan-enumerator-survey-wahana.html

    
Team 3 dalam pelaksanaan kegiatan PDC yang berlokasi di Jemaat GKI Pniel Urfu, Biak Numfor.


    Lanjut cerita...
Kami yang mengikuti kegiatan PDC dibagi dalam beberapa team sekaligus disiapkan untuk melanjutkan program tersebut lagi kepada banyak orang lewat persekutuan Sekolah Minggu kami bersama POKJA PAR dan yang pastinya menjadi mitra dari Lembaga WVI.

    Berikut mengenai PDC ini akan saya tuliskan untuk diketahui teman-teman sekalian, mengapa PDC ini begitu penting sekali bagi saya tetapi juga Team kerja kami.

    Seperti Judul diatas PDC adalah singkatan dari Pola Pengasuhan Dengan Cinta.
PDC ini tidak disampaikan dalam ceramah atau seminar saja namun ada beberapa sesi dengan pembicara dan aktifitas pendukung lainnya dalam kegiatan ini agar materi ini lebih mudah dipahamii oleh teman-teman yang ingin mengenal PDC seperti pengalaman terbaik serta pengetahuan dari sini yang kami ikuti.

 Aktifitas pendukung PDC

   
    Dalam PDC ini ada beberapa materi yang dapat saya sampaikan walaupun tidak secara utuh dan lengkap namun saya yakin materi ini dapat menjadi bekal bagi kita semua dalam menerapkan Pola Pengasuhan Dengan Cinta ini.
✅. Mimpi saya untuk keluarga
✅. Tanda Keutuhan dan Kehancuran
✅. Sukacita dan Rasa Sakit
✅. Ruang Kasih dan Anugerah
✅. Para Pembangun yang Bijaksana
✅. Menetukan saat yang tepat
✅. Disiplin Positif
✅. Mengelolah Stres dan Mengendalikan Amarah
✅. Memahami Hak dan Perlindungan Anak
✅. Digital Parenting

- Apa itu Mimpi saya untuk keluarga ?....
- Apa itu Tanda Keutuhan dan Kehancuran ?....
- Apa itu Sukacita dan Rasa sakit ?....
dan seterusnya dari materi-materi PDC diatas ?!!.

    Demikian cerita PDC yang dapat saya tuangkan disini, lebih dan kurangnya saya mohon maaf.
Dan untuk penjelasan atau pertanyaan-pertanyaan untuk materi diatas akan saya bahas pada coretan artikel berikutnya. 

Terimakasih untuk semua yang telah membaca dan mendukung penulisan saya dalam artikel ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Alkitab ?...

  Renungan Anak Sekolah Minggu tentang ALKITAB Bahan Alkitab  :  Mazmur 119:1 - 8 Tema :   Alkitab sebagai Firman Allah Cerita  Untuk Anak Sekolah Minggu   Penjelasan Teks : A.             Alkitab terdiri atas dua bagian yaitu Perjanjian Lama yang terdiri atas 39 kitab dan Perjanjian Baru yang terdiri atas 27 kitab sehingga seluruhnya berjumlah 66 kitab.Garis besar isi dari PL adalah Allah menjanjikan juruselamat. Sedangkan garis besar isi PB adalah Allah memberikan juruselamat. B.             Alkitab disebut firman Allah karena di dalamnya (PL) terdapat kisah atau cerita  yang menjelaskan tentang Allah yang menciptakan langit dan bumi serta segala isinya, Allah yang memelihara ciptaan-Nya dan yang memilih bangsa Israel sebagai saluran berkat dan janji keselamatan bagi dunia. Sedangkan dalam (PB) terdapat kisah tentang Allah memberikan anak-Nya Yesus Kristus, menyelamatkan manusia dari dosa, dan pemberitaan keampunan dosa kepada segala bangsa sampai kesudahan alam. Itulah

Membangun Keluarga Tangguh

  Membangun Keluarga yang Tangguh Puji syukur kepada Tuhan yang memberi hikmat dan pengetahuan bagi saya untuk dapat menulis disini dari pengalaman dan pelatihan-pelatihan yang saya ikuti termasuk pelatihan ‘Empower Worldview’ (EWV) mengenai ‘Menjadi Keluarga yang tangguh’ oleh Wahana Visi Indonesia. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangam dalam penulisan ini, sekiranya mohon dimaafkan. Dan semoga tulisan ini dapat menolong dan menginspirasi teman-teman untuk dapat membangun diri, keluarga dan orang lain yang tangguh.   Ada banyak hal yang terjadi dalam hidup kita seiring berjalannya waktu, ada kalanya kita mengalami yang namanya sukacita (senang/ gembira, sukses ataupun menang) dalam mencapai sesuatu ditingkat atas seperti naik pangkat, kekayaan melimpah, dan kepuasan akan kerja keras kita. Ada pula keadaan sebaliknya yang kita alami yaitu Dukacita (sedih, kalah, jatuh, ataupun terpuruk).    Pribadi dan keluarga merupakan tempat pertama untuk setiap anak bertumbuh dan meras